konsultan pajak

Apa Itu Konsultan Pajak? Berikut Ini Penjelasannya Beserta Fungsi, Tugas dan Ujian Sertifikasinya

78 / 100

Evaluasi data terkait munculnya beban pajak yang dianggap tidak menguntungkan bagi perusahaan juga menjadi tugas dan tanggung jawab konsultan pajak di perusahaan Anda. Konsultan pajak merupakan salah satu jenis profesi akuntansi yang pertama, sebelum Peraturan Menteri Keuangan Nomor 02 Tahun 2014 keluar, persyaratan untuk menjadi konsultan pajak relatif lebih mudah.

Apa Itu Konsultan Pajak?

Konsultan Pajak merupakan orang yang memberikan jasa konsultasi mengenai perpajakan kepada Wajib Pajak untuk tujuan melaksanakan hak dan kewajiban perpajakannya yang sesuai dengan peraturan perundang-undangan perpajakan. Artinya, konsultan pajak adalah orang yang bertugas membantu wajib pajak mengurus segala hal yang berkaitan dengan pajak.

  1. Dengan begitu, mereka yang menggunakan jasa tersebut dapat menjalankan kewajiban perpajakannya dengan baik. Berikut layanan yang biasanya diberikan oleh konsultan pajak kepada pengguna jasanya:
  2. Pemenuhan Pajak. Konsultan pajak mengurus hal-hal yang berkaitan dengan kepatuhan pajak klien mereka seperti menghitung, membayar dan melaporkan pajak.
  3. Perencanaan Pajak. Konsultan pajak juga melakukan layanan untuk perencanaan pajak dengan  tujuan untuk mengoptimalkan keuntungan pada klien.
  4. Pemeriksaan Laporan Pajak. Ini adalah layanan untuk mengevaluasi data terkait munculnya beban pajak yang merugikan perusahaan klien.
  5. Bantuan dalam Pemeriksaan. Konsultan pajak memiliki tanggung jawab untuk mewakili atau membantu klien selama pemeriksaan pajak. Hal ini dilakukan karena tidak sedikit klien yang belum memahami masalah perpajakan. Konsultan pajak juga membantu menyiapkan data/dokumen yang dibutuhkan selama audit.
  6. Konsultasi. Konsultan pajak menawarkan layanan konsultasi tentang masalah pajak.
  7. Pengembalian Pajak. Apabila klien memerlukan pengembalian kelebihan pembayaran pajak (restitusi), konsultan pajak dapat membantu dalam pelaksanaannya mulai dari persiapan data, pengajuan pengembalian, pemeriksaan hingga proses akhir penerimaan kelebihan pengembalian pajak.
  8. Penyelesaian Sengketa Pajak. Konsultan pajak juga dapat memberikan layanan penyelesaian terhadap sengketa pajak.

Tugas Konsultan Pajak

Kepatuhan Pajak

Konsultan pajak mengurus hal-hal yang berkaitan dengan kepatuhan pajak klien mereka, termasuk menghitung, membayar dan melaporkan pajak.

Perencanaan Pajak

Konsultan pajak melakukan layanan perencanaan pajak klien yang bertujuan untuk mengoptimalkan keuntungan klien. Termasuk dalam perencanaan pajak ini adalah penyusunan laporan tahunan konsultan pajak.

Pemeriksaan Laporan Pajak

Tugas ini bertujuan untuk mengevaluasi data terkait munculnya beban pajak yang merugikan perusahaan klien.

Pendampingan dalam Pemeriksaan

Konsultan pajak memiliki tanggung jawab untuk mewakili atau membantu klien selama pemeriksaan pajak. Hal ini dilakukan karena tidak sedikit klien yang belum memahami masalah perpajakan. Konsultan pajak juga membantu menyiapkan data atau dokumen yang dibutuhkan selama pemeriksaan.

Konsultasi

Konsultan pajak menawarkan layanan konsultasi tentang masalah pajak.

Restitusi Pajak

Apabila klien memerlukan pengembalian atau pengembalian kelebihan pembayaran pajak, konsultan pajak dapat membantu dalam pelaksanaannya mulai dari persiapan data, pengajuan pengembalian, pemeriksaan hingga proses akhir penerimaan kelebihan pengembalian pajak.

Penyelesaian Sengketa Pajak

Konsultan pajak dapat memberikan layanan penyelesaian sengketa pajak. Perlu Anda ketahui bahwa salah satu organisasi perpajakan di Indonesia yang memiliki banyak anggota adalah Ikatan Konsultan Pajak Indonesia (IKPI). Jika Anda membutuhkan konsultan pajak, maka IKPI memiliki daftar konsultan pajak yang cukup berpengalaman. Sehingga Anda dapat menemukan konsultan pajak terbaik untuk bisnis Anda.

Baca Juga : Pengertian, Jenis, Fungsi dan Cara Membuat Faktur Pajak Lengkap

Untuk merapikan pembukuan klien, sangat disarankan bagi konsultan pajak untuk menggunakan aplikasi pembukuan online. Tujuannya agar pembukuan klien menjadi rapi dan laporan keuangan klien dapat dibuat dengan cepat sehingga dapat mempermudah pelaporan pajak klien.

Fungsi Konsultan Pajak

Berikut adalah fungsi konsultan pajak yang harus Anda ketahui sebelum menggunakan jasa mereka.

  1. Konsultan pajak memberikan bimbingan kepada wajib pajak dan membuat perkiraan pajak yang harus dibayar oleh wajib pajak, melakukan koreksi fiskal dan sebagainya.
  2. Membantu menyiapkan dan mengelola data yang akan dilaporkan sesuai ketentuan perpajakan suatu perusahaan.
  3. Konsultan pajak dapat menekan biaya pembayaran pajak tanpa harus melanggar peraturan dan perundang-undangan perpajakan.
  4. Karena wajib pajak tidak memiliki waktu yang cukup untuk memperhatikan perkembangan dunia perpajakan, maka jasa konsultan pajak bertugas mengelola pajak suatu perusahaan sesuai dengan perkembangan peraturan yang berlaku. Konsultan pajak juga wajib memberikan informasi kepada wajib pajak tentang peraturan perpajakan terbaru.
  5. Konsultan pajak akan membantu dalam hal pemeriksaan Wajib Pajak, keberatan dari Wajib Pajak dan pengajuan banding yang dilakukan oleh Wajib Pajak.
  6. Dengan memanfaatkan jasa konsultan pajak, Anda dapat meminimalkan risiko kesalahan di bidang perpajakan.
  7. Hal ini dapat mengurangi beban perusahaan, sehingga perusahaan dapat lebih fokus mengembangkan usahanya. Dengan menggunakan jasa konsultan pajak, perusahaan menjadi lebih efisien.

Ujian Sertifikasi Konsultan Pajak

USKP (Ujian Sertifikasi Konsultan Pajak) adalah ujian sertifikasi untuk tingkat profesional konsultan pajak. SKP merupakan prasyarat untuk memperoleh izin praktik sebagai konsultan pajak. Secara teori, yang dimaksud dengan USKP adalah ujian yang diselenggarakan oleh Panitia Pelaksana Panitia Penyelenggara Sertifikasi Konsultan Pajak (KP3SKP) sebagai satu-satunya pihak yang ditunjuk untuk menyelenggarakan Sertifikasi Konsultan Pajak di Indonesia.

Sedangkan Sertifikat Konsultan Pajak adalah surat keterangan yang menunjukkan tingkat keahlian Konsultan Pajak dalam memberikan jasa profesional di bidang perpajakan itu sendiri, yang diperoleh setelah lulus USKP.

Demikian ulasan tentang Mengetahui Tugas dari Seorang Konsultan Pajak, semoga bermanfaat dan percayakan jasa konsultan pajak Anda hanya di GP Consulting, semua urusan perpajakan Anda menjadi simpel dan beres.

Tinggalkan Balasan