fungsi pajak

Ini Dia 4 Fungsi Pajak dan Pengertiannya, Yang Wajib Anda Ketahui

Pajak merupakan sumber penerimaan dana terbesar di hampir seluruh negara di Dunia termasuk di Indonesia. Lantas apa saja pengertian dan fungsi pajak itu sendiri? Berikut penjelasannya untuk Anda.

Pengertian Pajak dan Manfaatnya

Pengertian pajak adalah pungutan wajib dari rakyat suatu negara kepada negaranya. Sedangkan fungsi pajak yaitu untuk membiayai seluruh pengeluaran yang digunakan untuk membangun suatu negara termasuk di Indonesia. Dengan begini dapat diketahui bahwa manfaat pajak yaitu digunakan untuk melakukan pembangunan hingga membayar gaji para pegawai negeri sipil.

Seperti yang dikutip dari laman resmi Direktorat Jenderal Pajak (DJP) Kementerian Keuangan, pajak merupakan suatu kontribusi wajib yang dilakukan warga negara kepada negara yang bersifat memaksa berdasarkan pada Undang-Undang yang sedang berlaku.

Para pembayar pajak sendiri tidak mendapatkan imbalan secara langsung, dimana uang yang dikumpulkan dari pajak nantinya akan digunakan untuk keperluan negara yang bertujuan untuk membangun kemakmuran rakyat dari berbagai sektor.

Tanggung Jawab atas Pembayaran Pajak

Pembayaran pajak merupakan perwujudan dari kewajiban sebagai warga negara untuk secara langsung dan bersama-sama melakukan kewajiban perpajakan untuk pembiayaan dan pembangunan nasional.

Sesuai dengan falsafah yang ada dalam undang-undang perpajakan, membayar pajak merupakan bukan hanya kewajiban, melainkan juga hak dari setiap warga negara untuk ikut berpartisipasi dalam bentuk peran serta terhadap pembiayaan suatu negara.

Tanggung jawab atas pembayaran dan penerimaan manfaat pajak merupakan suatu pencerminan kewajiban kenegaraan di bidang perpajakan yang dimana tanggung jawab ini dilakukan oleh masyarakat sendiri untuk memenuhi kewajibannya tersebut.

Hal tersebut sesuai dengan sistem self assessment yang ada pada sistem perpajakan di Indonesia. Pemerintah melalui Direktorat Jenderal Pajak berkewajiban untuk melakukan pembinaan, pelayanan, penyuluhan dan juga pengawasan pajak.

Pajak sendiri memiliki beberapa karakteristik seperti: pajak merupakan suatu kontribusi wajib seluruh warga negara, tidak ada imbalan langsung dan bersifat memaksa serta seluruhnya diatur dalam undang-undang (UU) perpajakan. Berikut ini beberapa fungsi pajak di Indonesia.

4 Fungsi Pajak di Indonesia

1. Fungsi pemerataan

Pajak digunakan untuk menyeimbangkan dan menyesuaikan antara pembagian pendapatan dengan kebahagiaan serta kesejahteraan masyarakat di Indonesia, termasuk pembagian antar pemerintah yang berada di daerah.

2. Fungsi anggaran

Fungsi pajak lainnya merupakan sebagai sumber pendapatan terbesar di banyak negara termasuk di Indonesia. Fungsinya sendiri untuk membiayai semua pengeluaran negara seperti pembangunan, pembayaran utang pemerintah hingga membayar gaji pegawai negeri.

3. Fungsi stabilitas

Dengan adanya pajak di Indonesia, pemerintah memiliki dana untuk menjalankan kebijakan yang berhubungan dengan stabilitas harga berbagai sektor, sehingga inflasi dapat dikendalikan.

Cara yang dilakukan sebagai fungsi stabilitas yaitu dengan mengatur peredaran uang tunai di masyarakat, penggunaan pajak yang efisien dan efektif.

4. Fungsi regulasi

Pajak digunakan pemerintah untuk pengaturan kebijakan negara atau biasa disebut dengan kebijakan fiskal. Beberapa kebijakan fiskal sendiri yaitu penggunaan pajak bea masuk untuk menekan barang impor di Indonesia.

Konsultasi Pajak Perusahaan Sekarang Makin Mudah!

Itulah pengertian, manfaat dan fungsi pajak yang ada di Indonesia, keberadaan pajak sendiri sangat penting bagi suatu negara. Bayangkan jika suatu negara tidak memiliki sistem perpajakan, maka yang terjadi pembangunan akan terhambat karena tidak adanya sumber pendanaan yang utama.

Lantas bagaimana dengan pajak perusahaan? Pajak perusahaan dan perorangan berbeda, tapi tenang tidak perlu khawatir jika kebingungan dalam mengurus pajak perusahaan, karena kini hadir GP Consultant sebagai jasa konsultan pajak terpercaya.

GP Consultant adalah perusahaan jasa yang bergerak di bidang konsultan pajak, layanan akuntansi, dan konsultan manajemen dengan kantor yang berada di Jakarta Pusat. Kami telah berpengalaman lebih dari 15 tahun di bidang perpajakan dan akuntansi dengan memberikan pelayanan perpajakan untuk wajib pajak individu, perusahaan investasi domestik (PMDN) dan investasi asing (PMA).

Karena di GP Consultant Anda tidak perlu membayar jasa kami sebelum Anda puas, kami selesaikan dulu pekerjaan atau kewajiban pajak masa perusahaan Anda, setelah pekerjaan selesai baru dilakukan pembayaran.

Sekian artikel mengenai pengertian pajak dan fungsi-fungsinya semoga bermanfaat dan jangan lupa untuk bagikan artikel ini ke keluarga, teman dan orang terdekat Anda.

Tinggalkan Balasan