cek pajak kendaraan

Begini Cara Cek Pajak Kendaraan Bermotor Secara Online, Mudah dan Cepat!

88 / 100

Mengetahui Cara untuk Cek Pajak Kendaraan – Cara cek pajak kendaraan online dapat dilakukan dengan mudah melalui website Samsat. Meski begitu, link samsat tiap daerah memang berbeda-beda. Simak informasi berikut ini untuk mengetahui link samsat yang sesuai dengan nomor plat sepeda motor Anda. Perkembangan teknologi saat ini terbukti berhasil menghadirkan kemudahan dalam berbagai aspek kehidupan. Termasuk cara banyak orang mengurus pajak kendaraannya.

Rekomendasi : Jasa Konsultan Pajak Terbaik & Profesional

Dalam beberapa tahun terakhir, Badan Pendapatan Daerah di berbagai provinsi terlihat rajin mengadopsi teknologi digital untuk sistem pajak kendaraan. Salah satu manfaat yang dapat dirasakan adalah kemudahan akses informasi tentang pajak itu sendiri. Hanya dengan telepon genggam, masyarakat bisa langsung mengetahui besarnya pajak yang harus dibayar. Kemudahan ini pada akhirnya membawa kemudahan lainnya.

Apa itu Pajak Kendaraan Bermotor?

Merupakan pajak atas kepemilikan atau penguasaan terhadap kendaraan bermotor. Pajak ini dikenakan kepada orang pribadi atau badan yang memiliki dan atau menguasai kendaraan bermotor. Yang perlu diperhatikan dari pajak ini adalah bahwa perhitungan Dasar Pengenaan Pajak sering berubah setiap tahunnya dalam perhitungan pajak kendaraan bermotor.

Dimana terdapat pengertian lain dari Kendaraan Bermotor yaitu suatu kendaraan bermotor yang mempunyai roda dan ataupun mempunyai gandengan yang dimana dapat dioperasikan pada semua jenis jalan darat sekaligus kendaraan bermotor yang juga dioperasikan di atas air.

Cara Cek Pajak Kendaraan Online

Selain itu, cara cek pajak kendaraan secara online juga berguna saat jual beli kendaraan. Mengecek pajak kendaraan secara online bisa menjadi salah satu cara untuk melihat kebenaran data kendaraan. Agar mengetahui lebih jelas, berikut merupakan cara cek pajak kendaraan secara online.

Cara Cek Pajak Kendaraan Bermotor Melalui Website

Cara cek pajak kendaraan bermotor yang pertama secara online, Anda dan pembaca lainnya yang ingin mengurus perpajakan kendaraan roda dua bisa mencoba, yaitu melalui website resmi samsat.co.id. Cara ini bisa dilakukan sesuai dengan domisili daerah tempat tinggal Anda. Namun penting untuk diingat bahwa cara cek pajak kendaraan bermotor melalui website resmi sesuai domisili Anda hanya tersedia di beberapa wilayah saja.

Baca Juga : Apa Itu Kurs Pajak Harian dan Mingguan Kemenkeu? Berikut Pembahasannya Lengkap

Artinya tidak semua daerah di Indonesia menyediakan cara cek pajak kendaraan bermotor secara online melalui website. Untuk cara cek pajak kendaraan bermotor melalui website resmi, biasanya pemilik kendaraan diminta memasukkan nomor polisi atau menginput NIK pemilik kendaraan, jenis plat, dan nomor urut. Semua tahapan tergantung dari prosedur pemeriksaan pajak kendaraan bermotor yang diberlakukan oleh masing-masing daerah di Indonesia.

Cara Cek Pajak Kendaraan Bermotor Via Aplikasi

  1. Cara cek pajak kendaraan bermotor secara online selanjutnya adalah melalui aplikasi. Aplikasi pajak resmi bisa kamu download di hp kamu dan cek seperti ini :
  2. Unduh aplikasi pemeriksaan pajak kendaraan
  3. Pilih domisili atau wilayah tempat pembelian kendaraan
  4. Masukkan nomor plat kendaraan
  5. Kemudian akan muncul informasi mengenai tanggal jatuh tempo pembayaran pajak

Sebagai informasi, aplikasi cek pajak ini hanya bisa digunakan jika daerah yang dipilih sudah memiliki e-samsat.

Berapa Pajak Motor 1 Tahun?

Besaran pajak sepeda motor berbeda-beda untuk setiap jenis dan tahun pembuatan. Sebagai gambaran kasar, skuter matik bermesin 150 cc produksi tahun 2019 besutan merek Jepang ini dibanderol dengan harga sekitar Rp. 300 ribu per tahun. Namun itu belum ditambah dengan Iuran Wajib Dana Kecelakaan Lalu Lintas Jalan (SWDKLLJ) yang dikelola PT Jasa Raharja.

Besaran harga motor SWDKLLJ dengan mesin 50 cc hingga 250 cc adalah Rp 35.000. Biaya ini dibayarkan bersama dengan pajak setiap tahun. Jika tidak ada penundaan, umumnya jumlah pajak yang harus dibayar dari tahun ke tahun selalu sama. Pasalnya, hal yang sering membingungkan masyarakat dalam menghitung pajak kendaraan bermotor adalah dendanya. Apalagi jika penundaan itu sudah berlangsung bertahun-tahun.

Tanpa penundaan, Anda cukup menjumlahkan pokok Pajak Kendaraan Bermotor (PKB) dan pokok SWDKLLJ. Hasil dari jumlah ini kurang lebih adalah jumlah pajak yang harus dibayar setiap tahun. Besaran PKB sendiri sebenarnya bisa berubah. Karena mengacu pada Nilai Jual Kendaraan Bermotor (NJKB) yang dievaluasi setiap tahun.

Nilai CLA biasanya akan semakin murah seiring bertambahnya usia kendaraan, namun penurunannya tidak terlalu signifikan. Perlu diingat, perhitungan seperti dijelaskan di atas hanya berlaku dalam rangka pembayaran pajak tahunan. Bukan pembayaran pajak lima tahun atau transfer nama. Karena belum termasuk komponen biaya lainnya, seperti biaya transfer kendaraan bermotor (BBN KB), biaya pembuatan nomor polisi, atau biaya penerbitan Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK).

Rumus dan Cara Penghitungan Pajak Kendaraan Bermotor

Rumus utamanya adalah sebagai berikut:

Total Biaya = PKB+SWDKLLJ+Denda PKB+Denda SWDKLLJ

Denda PKB/tahun = 25% x PKB

Denda PKB setiap bulan = (25% x PKB)/12

Demikian ulasan tentang Mengetahui Cara untuk Cek Pajak Kendaraan, semoga bermanfaat dan jangan lupa untuk bagikan artikel ini ke keluarga, teman dan orang terdekat Anda.

Tinggalkan Balasan